Tuesday, May 15, 2018

Pendampingan Penguatan SAKIP "COACHING CLINIC SAKIP 2018" oleh Kementerian PAN RB RI di Kupang Nusa Tenggara Timur.




Kupang, selasa (8 May 2018). Kementerian PANRB RI Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Informasi Birokrasi RI melaksanakan Pendampingan penguatan SAKIP "COACHING CLINIC  SAKIP 2018" kepada ASN yang menangani Perencanaan dan Pelaporan, yang dilaksanakan di Kupang bertempat di Aula Balroom  Hotel Aston Kupang selma dua hari mulai tanggal 08 sd 09 Mei 2018, kegiatan ini diprakarsai oleh Biro Organisasi Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

 Kegiatan ini dibuka oleh   Ibu Nadimah kepala Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Informasi Birokrasi RI, dalam sambutannya Nadimah menyampaikan materi "penerapan SAKIP untuk peningkatan dan efisiensi penggunaan anggaran (e-Performance Base Budgeting)”, dalam hal ini beliau memaparkan gambaran umum terkait SAKIP, bahwa kegiatan ini bertujuan dalam rangka penerapan SAKIP untuk peningkatan dan efisiensi penggunaan anggaran, mengoptimalkan Birokrasi yang efektif dan efisien, disamping itu agar setiap peserta dapat memahami secara teknis dalam penyusunan SAKIP atau Laporan Kinerja, bagaimana prinsip dalam manajemen kinerja, lebih lanjut disampaikan bahwa masih terdapat permasalahan-permasalahan yang belum sempurna baik dalam perencanaan yang masih belum sempurna, pengukuran kinerja yang kurang terukur, pelaporan kinerja dan evaluasi internal. 


Dalam sambutannya juga ibu Nadimah menyampaikan langkah-langkah dalam mengatasi permasalahan tersebut diantaranya agar mereviw RPJMD, merumuskan kembali IKU, menurunkan IKU secara berjenjang ke tingkat eselon IV, serta menyusun rencana aksi dalam pelaksanaan kegiatan dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan. 
Sebelum kegiatan tersebut dibuka secara resmi acara tersebut diawali dengan sambutan Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi NTT yang di wakili oleh Kepala Bagian Kinerja Biro Organisasi NTT. 
Dalam sambutannya Kabag menyampaikan selamat datang dan menyampaikan apresiasi terhadap seluruh peserta kegiatan, disamping itu dikatakan bahwa agar setiap peserta dapat mengikuti kegiatan pendampingan ini secara seksama sampai kegiatan berakhir.
Kegiatan pendampingan ini dihadiri oleh 10 kabupaten Kota di NTT termasuk Kabupaten Manggarai Timur, dengan jumlah peserta 128 orang yang terdiri dari beberapa ASN utusan beberapa OPD teknis setiap Kabupaten Kota. 
Dalam kegiatan tersebut peserta terbagi dalam beberapa kluster. Kabupaten Manggarai Timur masuk dalam Satu kluster tersendiri yang didampingi oleh 2 narasumber dari kementerian PANRB RI.
Diakhir kegiatan pembukaan seluruh peserta kegiatan melakukan do’a bersama yang dipandu oleh Biro Organisasi Setda Propinsi NTT. kemudian dilanjutkan dengan  rehat.
Kegiatan lanjutan ditempat terpisah, Peserta mengikuti penyampaian Materi tentang SAKIP, materi tersebut antara lain tentang Akuntabilitas Kinerja, Indikator Kinerja, Cascading Indikator Kinerja, IKU, Penetapan Kinerja, Kerangka Logis Perencanaan Kinerja. 
Diakhir kegiatan Peserta diharapkan agar bisa memahami lebih lanjut tentang SAKIP, sehingga penerpannya  agar sesuai harapan dalam memperbaiki sistem serta poses dalam Akuntabilitas Kinerja, namun yang lebih utama adalah dapat memberikan dampak dalam perbaikan Kinerja ASN lebih khusus Kinrja ASN di Kabupaten Manggarai Timur. 
Wassalam,,,,,,,,,,

No comments:

Post a Comment

Kadis Lingkungan Hidup hari ini bersama seluruh staf bersih-bersih sungai

Kadis Lingkungan Hidup memakai sepatu Bout hari ini bersama seluruh staf kembali melakukan aksi bersih-bersih menyusuri sungai Wae Bobo...