Sunday, August 21, 2016

Mengenal Marketing Hutan Rimba

Trik Bisnis yang bisa mengantarkan Anda menjadi Jutawan
 
Terima kasih sebelumnya buat teman-teman yang sempat membaca postingan saya ini.
Tentunya saya inggin berbagi informasi terkait marketing, dalam marketing ada macam strategi, namun pada kesempatan ini sy batasi terkait strategi marketing Hutan Rimba.

Marketing merupakan hal yang sangat sakral dan penting bagi pamornya suatu produk. tanpa adanya pemasaran atau strategi pemasaran yang salah akan mengakibatkan suatu yabg fatal. maka produk akan kehilangan pelanggannya. Bahkan bersiaplah perushaan anda akan gulung tikar. Langkah yang mesti kita ambil adalah meriset produk yang kita kemudian menyusuaikan dengan pasar.

Mungkin anda pernah mendengar dan menonton sebuah filem yang menceritakan sebuah perusahaan yg dirintis oleh pemuda berumur belasan tahun, yang mencoba mengenalkan produknya ke sebuah perusahan pemasaran di Korea, TOP. 7 Eleven...adalah sebuah perusahan marketing terbesar di korea, yang memiliki mitra di 27 negara dan memiliki ribuan outlet atau minimarket yang tersebar di dunia. Ternyata dari model pemasaran tersebut dikenal dengan strategi MARKETING HUTAN RIMBA.

Strategi ini sudah banyak yang mengenalnya. Konsep ini bertujuan bagaimana produk kita bisa tersebar tanpa kita yang mengerjakannya.

Konsep ini memanfaatkan perusahaan sebagai hutan rimbanya, distributor sebagai makanan hidangan para hewan hutan, dan konsumen adalah para pemangsanya yg akan menyantap hidangan tersebut.

Sebagai contoh kita melihat pemasaran di kota bima, ada sebuah toko penyalur yg lumayan terkenal"sumber mas", dia merupakan salah satu distributor dari salah satu perusahan marketing yang ada di surabaya, sementara toko2 yang ada sebagai hewan pemangsa sumber mas, sehingga sampailah produk tersebut kepada konsumen sebagai pemangsa hewan yang akan menyantap hidangan tersebut.

Disini pemilik produk bersifat pasif terhadap marketing, dan tidak mengetahui bahwa produknya bisa sampai kedesa-desa. disinilah konsep itu lahir dan tidak terbantahkan, sehingga melahirkan miliarder2 kelas dunia.
Marketing ini memanfaatkan fitur perusahaan yang telah ada.Kita hanya bertugas membuat produk dan perusahaan yang bertugas memasarkan.

Walaupun kita sudah memahi betul konsep tersebut, tentunya kita susah mengaplikasikannya ke dalam bisnis yang ril. Apalagi untuk daerah timur ibarat arah air sungai keatas apabila priduk kita buat di daerah. Namun, apa salahnya kita mencoba walaupun dalam miniatur bisnis yang rill.

Sebagai contoh, sekarang kami tengah merintis sebuah usaha Kue dan Roti, kami sedang mencoba konsep strategi pemasaran Hutan Rimba walaopun berada dalam sebuah kecamatan.

Kami membuat beberapa produk kue dan Roti sesuai dengan kebutuhan dan minat masyarakat, cara yang kami pakai mencoba berpatnersip dengan beberapa toko atau ritaile yang ada di Wera.

Walhasil, walau kecil itu bukan masalah karena semua itu pasti butuh proses
Alhamdulillah dengan ketekunan Istri tercinta dan bantuan moril dari mertua dan orang tua sekarang sudah menghasilkan Sebuah Toko sekaligus tempat Produksi.

Semoga anda bisa memulai sebuah usaha dengan penuh optimisme .

No comments:

Post a Comment

Kadis Lingkungan Hidup hari ini bersama seluruh staf bersih-bersih sungai

Kadis Lingkungan Hidup memakai sepatu Bout hari ini bersama seluruh staf kembali melakukan aksi bersih-bersih menyusuri sungai Wae Bobo...