Monday, June 6, 2016

Air Terjun Cunca Rede Flores

                                    Taman Syurga Dunia di
                                                      "AIR TERJUN CUNCA REDE"

Terinspirasi artikel yg di update Abank Dhel beberapa waktu yang lalu, akhirnya kami mencoba berpetualang kembali ke Alam bebas.

Minggu 3/4/2016 bersama rekan serantau tak ketinggalan Pa Yhan Kabuju, Abank Dhel yang kerap di panggil Pa Mantri, La Thofan pendatang baru dari wera, dengan persiapan seadanya, penuh percaya diri, berbekal pengalaman Treking Tanjung bendera, walau serasa masih pegal sepulang dari so'a, kami berangkat menuju Air Terjun CUNCA REDE.

Air terjun ini terletak di Desa Sano Lokom kec. Rana Mese kab. Manggarai Timur, yang berjarak sekitar 35 km dari Kota Borong. Perjalanan ke sanolkom kita menggunakan sepeda motor, karena dengan medan berbatu sekitar beberapa kilometer tidak bisa di tembus dengan kendaraan roda empat sedang, Sampai disanolokom kita beristrahat sejenak sambil bertanya di masyarakat setempat terkait lokasi air terjun.

pukul 15.00 wita kita melanjutkan perjalanan menuju air terjun dengan berjalan kaki, mengikuti arah sungai dan mendaki beberapa bukit dengan jalur tikus. Perjalanan dari tempat penitipan speda motor sekitar 1,5 km dalam waktu 1 jam.


Sepanjang perjalanan ini kita bisa menikmati panorama alam yg begitu indah, dengan hamparan sawah, air sungai yg jernih, hutan tropis yang masih asri dan terjaga, seolah kita lagi berada di nuansa Filem AVATAR, si mahluk berkulit Biru penghuni pohon rimba yang sangat menjunjung kearifan lokalnya.

Sebelum memasuki Air terjun terdapat dua jalur, jalur atas untuk melihat pemandangan dari lereng gunung dan jalur bawah mengikuti alur sungai sampai ke dasar air terjun.

Pukul 16.00 kami sudah berada di lereng bukit, dengan jalur sempit yg terjal dan mendaki yg cukup melelahkan, namun rasa lelah terobati begitu melihat maha karya sang Pencipta Allah swt dengan balutan Landscap alam nan indah , deburan dan gemuruh air yang terjun dari ketinggian sekitar 60 meter, surga alam dunia yah.....CUNCA REDE bukan lagi hanyalan namun menjadi kenyataan.
*****
Buat rekan2 yang belum kesana, masih ada kesempatan tinggal kita kondisikan, berkemah, bakar ikan atau ayam atau mandi dan berselfi ria hehhe.......
Om R'din Ody...Pak : Farid Abdul Farid, Sukiman Mn Eng, Dhiyat Budi, Nhano Dossantos Alverojaleng Madridista, Biand Gorman, dan rekan2 semuanya, lebih rame makin asyik.....
Lamapa-Lampa ele Borong....

No comments:

Post a Comment

Kadis Lingkungan Hidup hari ini bersama seluruh staf bersih-bersih sungai

Kadis Lingkungan Hidup memakai sepatu Bout hari ini bersama seluruh staf kembali melakukan aksi bersih-bersih menyusuri sungai Wae Bobo...