Friday, April 6, 2018

Keunikan Mata Air Tawar Pantai Cepi Watu


Borong.AHJourney. Pantai berpasir putih itu sudah biasa, namun ketika pantai berhias batu-batu hitam dan dicelahnya keluar air tawar, ini baru dinamakan pantai yang Unik. Keunikan ini ternyata ada di pantai Cepi Watu Borong.
Pantai Cepi Watu sudah tak asing lagi di telinga wisatawan, baik wisatawan lokal atau wisatawan luar daerah bahkan wisatawan asing. dikarenakan pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata paling rame dikunjungi wisatawan, pantai ini sering digunakan sebagai ajang promosi wisata di Kabupaten Manggarai Timur Flores, karena terletak dekat dengan pusat kota Borong serta akses yang mudah dikunjungi wisatawan.
Tentunya saat berkunjung di pantai ini, kita akan dimanjakan oleh pemandangan pantai panjang yang menakjubkan, air laut yang jernih, suasana yang sejuk, serta deretan batu-batu hitam menghiasi bagian barat pantai Cepi Watu.

Deretan batu-batu tersebut terbentuk akibat abrasi pantai saat musim penghujan, namun akan tertimbun kembali biasanya setelah mulai musim tenggara tiba. Tapi deretan batu-batu ini ternyata menambah daya tarik wisatawan, apalagi diantara celah-celah batu tersebut mengalira mata air tawar.

Mata air di bibir pantai ini mengingatkan akan pantai Oi Ca'ba yang berada di Kecamatan Wera Bima NTB, namun di pantai Oi Ca'ba Wera mata air tawarnya keluar dari celah-celah tebing bibir pantainya.

Pantai yang terletak tepat di kota Borong ini merupakan salah satu obyjek wisata andalan, pantai yang menghadap ke selatan arah laut sawu, berlatar gunung berapi "poco ndeki" sebelah timur pantai. pantai ini membentang sepanjang kurang lebih 3 kilometer dari barat ke timur dan memiliki hamparan pasir berwarna coklat sepanjang pantainya.

Pada hari libur pantai ini kerap ramai dikunjungi wisatawan untuk bermain dan menikmati keindahan, dengan posisi di selatan dengan hamparan laut lepas membuat ombak dipantai ini cukup besar apalagi di musim penghujan, tentunya kita bisa memilih waktu yang tepat untuk mandi dan berenang, namun untuk mendapat keunikan air tawarnya  sebaiknya agar berkunjung di sore hari, sebab waktu tersebut air laut dalam keadaan surut.
Dari sisi fasilitas pantai ini sudah mulai tersedia balai-balai kecil, taman terbuka hijau, arena joging, namun penjual makanan dan minuman belum ada, anda harus sedikit berjalan kaki ke luar jalur lintas Borong. Saya kira anda tidak susah untuk menuju pantai cepi watu, pantai yang berjarak sekitar 3 kilometer dari kota borong bisa anda tempuh dengan kendraan, jalan sudah cukup memadai.
Jangan lewatkan momen anda ketika melintasi kota Borong, sempatkan diri anda untuk mampir dan beristirahat sejenak di Pantai Cepi Watu Borong
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Kadis Lingkungan Hidup hari ini bersama seluruh staf bersih-bersih sungai

Kadis Lingkungan Hidup memakai sepatu Bout hari ini bersama seluruh staf kembali melakukan aksi bersih-bersih menyusuri sungai Wae Bobo...