Tuesday, May 2, 2017

ROA MANUK BEACH Nanga Rawa Flores




Indonesia punya banyak sekali pantai yang indah. Tapi, mungkin hanya beberapa di antara yang terkenal. Di Kabupaten Manggarai Timur Flores punya banyak sekali pantai yang unik, salah satunya adalah pantai Roa Manuk. Pantai ini merupakan deretan dari Pantai Nanga Rawa. Seperti apa sih uniknya Pantai Roa Manuk….?
Image by LaAdi
Siapa yang tidak jatuh cinta dengan air laut jernih di pantai ini ? Pantai Roa Manuk  yang terletak di Nanga Rawa Desa Bamo Kabupaten Manggarai Timur, ini memang memiliki air laut sangat jernih. Pantai ini berpasir putih, kita akan dibuat takjub oleh kejernihan air lautnya, keunikan pantai ini memiliki karang berlumut  sepanjang pantainya, ketika air laut surut anda bisa menikmati panorama hijaunya lumut, selain itu di pantai ini terdapat beberpa pulau karang mungil, kalau dilihat sepintas mirip gugusan pulau Raja Ampat yang di Papua.  
Image by LaAdi
Untuk menuju pantai cantik ini, kita setidaknya membutuhkan waktu satu jam perjalanan dengan kendaraan bermotor, dari  Kota Borong  atau pusat kota kabupaten Manggarai Timur, Anda harus melewati Kelurahan Tanah Rata menuju Desa Bamo, kemudian berakhir di kampong Nanga Rawa. Dari kampong Nanga Rawa, anda masih harus berjalan kaki kurang lebih sekitar 1 km menyusuri Pantai Nanga Rawa untuk benar- benar sampai di lokasi. Jadi, walaupun Anda menggunakan kendaraan pribadi, tetap saja Anda tak bisa “mengajak” kendaraan Anda ikut serta berpetualang menuju pantai Nanga Rawa karena rutenya yang tak memungkinkan
Image by LaAdi
Untuk mencapai lokasi, juga anda bisa melalui dua jalur ketika sampai di kampong Nanga Rawa, yaitu dengan melalui jalur pesisir pantai dan jalur bukit, jalur bukit jaraknya sedikit jauh sekitar 2 km dari kampong Nanga Rawa, jalur ini sedikit menantang karena melewati jalan berbatu, tapi walaupun melewati jalan yang rusak, di jalur ini anda dapat menikmati pemandangan menakjubkan dengan hamparan Padang Rumput sabana yang luas nan indah.
          Pantai Roa Manuk yang masih perawan tersebut belum terkenal seperti pantai Kuta, maka sebagai gambaran, seperti itulah pantai Roa Manuk. Selain itu, ombak pantai ini bisa dikategorikan besar bila dibandingkan dengan ombak pantai lain karena posisinya yang terletak di selatan pulau Flores menghadap ke laut Sawu dan samudera hindia.
Image by LaAdi
Bagi Anda yang tinggal di kota dan terbiasa dengan kepenatan serta sejuta aktivitas yang membuat hidup tak nyaman, mungkin bisa ke Pantai Roa Manuk untuk melepaskan segala beban hidup. Di sini, semua alat komunikasi tidak bisa digunakan. Bangunan pun juga tak ada. Sehingga, tempat ini benar- benar cocok digunakan untuk menyepi. Atau, bagi Anda yang ingin mencari inspirasi, mungkin pantai ini bisa dijadikan pilihan karena kondisi alamnya yang masih sangat alami dan belum rusak. Bagaimana?
Mungkin boleh saya katakana, anda belum injak Flores kalau belum ke Roa Manuk…..

No comments:

Post a Comment

Kadis Lingkungan Hidup hari ini bersama seluruh staf bersih-bersih sungai

Kadis Lingkungan Hidup memakai sepatu Bout hari ini bersama seluruh staf kembali melakukan aksi bersih-bersih menyusuri sungai Wae Bobo...