Monday, March 12, 2018

Pesona Wera : Oi Nca Waterfall





Borong (AH Journey). Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian(wikipedia.org).

Wisata air terjun merupakan wisata alam yang banyak digemari oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, dengan suasana yang sejuk, pemandangan yang hijau menyejukkan mata, deburan suara air yang tak henti membuat relex dan menghilangkan sedikit kepenatan.

Di Indoneia memiliki banyak sekali air terjun, baik yang sudah diketahui maupun yang belum, yang sudah terkenal di dunia maupun yang belum dikenal dunia.

Seperti halnya dengan air terjun yang ada di wilayah Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, ada air terjun yang sudah mendunia seperti air terjun benang kelambu yag berada di Lombok Utara pulau Lombok, namun masih banyak air terjun yang belum diketahui atau di Expos media sehingga belum terkenal, padahal pesona dan keanggunannya tak kalah menarik dari air terjun lainnya.

Salah satu air terjun yang mulai fenomenal beberapa tahun ini adalah "Air Terjun Oi Nca", air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 600 meter MDPL, dengan ketinggian kurang lebih 25 meter.

Air terjun Oi Nca merupakan salah satu air terjun yang berada di kecamatan Wera Kabupaten Bima NTB, tepatnya berada di Desa Bala Dusun Tongga.  Berada di lereng yang diapit oleh dua gunung (Doro Cumpu dan Doro Balero) dengan alam hutan tropis yang masih alami dan kicauan burung menambah keanggunan Oi Nca.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Oi Nca sangatlah mudah dan anda tak perlu merogoh kocek banyak, karena lokasi dan medannya tak sulit dijangkau, kita bisa menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua atau empat, kalau anda memulai perjalanan dari Kota Bima kita bisa mengambil rute tujuan Wera, setelah sampai di Wera anda mengambil arah ke Desa Nunggi, sejenak anda beristirahat di Nunggi anda bisa melanjutkan kembali perjalanan ke Desa Bala lalu menuju Dusun Tongga, setelah sampai di Tongga anda akan melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun, sampai di ujung jalan sepertinya sedikit berjalan kaki karena medan yang dilalui tidak di mungkinkan untuk kendaraan bermotor, waktu yang diperlukan sekitar 2  jam dari Kota Bima. Bila anda starnya dari Sape atau Labuan Bajo Flores, anda bisa langsung menuju Wera melalui pantai utara, lalu dengan rute yang sama menuju Desa Nunggi, waktu yang diperlukan juga hampir sama sekitar 2 jam perjalanan.



Biasanya kalau hari libur pengunjung Oi Nca lumayan banyak. Biarpun tempatnya cukup jauh, tetap jadi tujuan pengunjung lokal ataupun luar kota. Fasilitas dasar yang tersedia belum ada, belum ada warung di lokasi Oi Nca, namun anda bisa mempersiapkan bekal dari rumah atau bebrbelanja di Kior-kios warga di Dusun Tongga.

Sejauh ini belum ada tempat menginap, karena memang tempat wisata ini masih rintisan belum mendapat perhatian lebih dari pemerintah.

Tertarik buat berlibur kesini ? Ayo ke Wera, karena bukan hanya Air Terjun, namun panganan tradisional yang melegenda "Kadodo wera"(Dodol) siap menyambut anda.

Terima Kasih semoga bermanfat.

by : AH Jorney


 

No comments:

Post a Comment

Kadis Lingkungan Hidup hari ini bersama seluruh staf bersih-bersih sungai

Kadis Lingkungan Hidup memakai sepatu Bout hari ini bersama seluruh staf kembali melakukan aksi bersih-bersih menyusuri sungai Wae Bobo...