Friday, June 29, 2018

Pesona Lombok "Air Terjun Sendang Gile"


La Ammar
AHJourney. Pulau Lombok menyimpan segudang pesona alamnya, mulai dari keindahan pesisir pantainya, gili (pulau kecil) yang bertebaran, kuliner serta wisata halalnya, yang lebih unik lagi dengan wisata alam gunung Rinjaninya. Gunung Rinjani memberikan seabreg keindahan bagi para pengunjungnya, mulai dari kaki hingga ke puncak gunungnya. 



Salah satu spot wisata yang terkenal dari kaki gunung Rinjani adalah Air Terjun Sendang Gile. Air terjun ini berada di bawah rimbunnya hutan di kaki gunung Rinjani. Hembusan udara yang sejuk, rindangnya pepohonan kian menambah pesona air terjun bersusun "Sendang Gile".
Air terjun ini berlokasi di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Senaru juga merupakan trek pendakian menuju gunung Rinjani, daerah ini merupakan kawasan subur, di daerah ini terdapat persawahan yang hijau tersusun rapi dan indah dari puncak sampai kaki bukit.

Jalan Raya di Desa Sembalun Bumbung Menuju Desa Sembalun Lawang
Setelah menikmati keindahan dan keunikan kebun Strobery dan suasana pedesaan Suku Sasak  Sembalun di pagi hari, kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Senaru Bayan, dengan jalan berliku serta beberapa tanjakan dan jalan menurun mengikuti lereng Rinjani yang sedikit memacu adrenalin, perjalanan dari Sembalun menuju Senaru ditempuh sekitar 40 menit, sepanjang perjalanan ini kita dapat menikmati tempat-tempat menarik lainnya seperti pesona gunung Rinjani dan beberapa tempat yang menarik.

Setelah kita sampai di Senaru ada dua trek pilihan yang bisa kita lalui menuju lokasi air terjun, yakni trek irigasi dan trek gerbang utama, namun waktu itu kita masuk melewati gerbang utama karena disana tersedia tempat parkir kendaraan, di jalur ini kita menuruni tangga sekitar 20 menit perjalanan.

gerbang masuk Air Terjun Sendang Gile Senaru
Tempat ini rame dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun asing, bagi wisatawan lokal cukup kita merogoh kocek untuk tiket masuk 5000 rupiah perorangnya. Bila sahabat yang ingin bermalam dan menikmati keindahan alam disekitar senaru lebih lama, tak perlu khawatir karena sudah tersedia banyak penginapan mulai dari yang biasa hingga berbintang. Tq



No comments:

Post a Comment

Kadis Lingkungan Hidup hari ini bersama seluruh staf bersih-bersih sungai

Kadis Lingkungan Hidup memakai sepatu Bout hari ini bersama seluruh staf kembali melakukan aksi bersih-bersih menyusuri sungai Wae Bobo...